Tuesday, May 5, 2009

H1N1 tidak bisa diremehkan

H1N1 atau yang lebih dikenal dengan virus flu babi, akhir-akhir ini sangat membuat masyarakat cemas. Bukan hanya Indonesia, namun dunia pun merasakannya.
Bagaimana tidak? Virus yang menyebar cepat di Meksiko ini sangat mengkhawatirkan penduduk negara selain Meksiko, karena di negara lain yang telah terdeteksi penduduknya terkena virus tersebut, umumnya penduduk yang baru saja berkunjung ke Meksiko. Selain itu, dampak dari virus ini sampai kepada kematian yang telah menelan ratusan korban jiwa, khusunya di Meksiko. Berikut ini beberapa tips yang mudah-mudahan dapat membantu pencegahan virus flu babi tersebut.

  • Jika mengalami gejala flu, sebaiknya cukup beristirahat paling tidak hingga 2 hari setelah gejala-gejala flu tersebut hilang.
  • Sering-seringlah cuci tangan dan tutuplah hidung serta mulut ketika Anda batuk atau bersin.
  • Segeralah periksa ke rumah sakit jika Anda mengalami gejala seperti kesulitan bernapas.
  • Tapi, jika gejala Anda ringan, tetaplah di rumah untuk menghindari penyebaran virus kepada orang lain di rumah sakit.Pemakaian masker direkomendasikan bagi petugas kesehatan, anggota keluarga dan orang lain yang mengadakan kontak langsung dengan pasien flu babi.
  • Bagi Anda yang mengkonsumsi daging babi, masaklah dengan cara yang aman. Masak paling tidak dengan suhu 160F.
  • Tingkatkan daya tahan tubuh, beberapa suplemen telah disarankan dapat digunakan untuk proteksi secara individu diantaranya adalah
  1. Probiotik, yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan fungsi dinding saluran cerna, dengan dosis yang diharapkan cukup adalah 5 x 109 CFU setiap harinya, suplemen probiotik yang dapat digunakan adalah dari spesies Lactobacillus acidophillus, L.plantarum, L.casei, Bifidobacterium longum dan B.bifidum.
  2. Echinacea, beberapa ahli telah menyetujui herbal ini akan menstimulasi sistem kekebalan tubuh, penelitian di Canada menunjukkan Echinasea meningkatkan sistem kekebalan tubuh terutama dengan mengaktifkan sel makropag, dianjurkan setidaknya 300 mg echinasea diberikan 3 kali perhari hingga keluhan influensa menghilang.
  3. Zinc, Mineral ini akan membantu meningkatkan produksi sel darah putih dan membantu pula terbentuknya antibodi, dengan dosis yang direkomendasikan 15-25 mg.

Comments :

0 comments to “H1N1 tidak bisa diremehkan”


Post a Comment